History

History

dsc_0044

divider

 

Awal mula Drum Band UNS Sebelas Maret

big-blue-divider-md

Marching Band Sebelas Maret Surakarta (MB UNS) didirikan pada tanggal 11 Maret 1988 yang diprakarsai oleh Bapak Prof. Dr. Koento Wibisono yang menjabat sebagai Rektor UNS pada saat itu dalam bentuk format Drum Band dengan pembina Bapak Parnadi. /p>

Pembentukan UKM Drum Band

big-blue-divider-md

Awal mula lahirnya Drum Band UNS Sebelas Maret diprakarsai oleh UKM Pramuka UNS yaitu salah satunya Bapak Slamet Triyono, Retno Palupi dan Teman-teman. Drum Band UNS pada awal pembentukan merupakan UKM yang masih menginduk ke UKM Pramuka.

Angkatan Pertama

big-blue-divider-md

Pada bulan Januari tahun 1988 dibuka pendaftaran Anggota Baru untuk menjadi angkatan pertama. Perekrutan pada masa itu ditujukan pada seluruh mahasiswa UNS dan bagi mahasiswa yang mendaftar akan langsung diterima. Angkatan Pertama Drum Band UNS diketuai oleh Nugroho (FT) dengan anggota 100 lebih.

Latihan Perdana

big-blue-divider-md

 

Setelah melakukan perekrutan Drum Band memulai latihan perdana pada bulan januari untuk pentas peresmian pada bulan Maret. Dengan sisa waktu 3 bulan, Latihan dilakukan setiap hari dengan durasi waktu 3 jam setiap hari.Tempat latihan Drum Band UNS pada waktu itu berada di GOR UNS. Dengan komposisi Snare(25), Tenor(20), Bass Drum (3), Trumpet, Trombone Slide, dan Belira Drum Band UNS dilatih oleh Letkol Purnomo beserta asistennya, karena Drum Band UNS menggunakan prinsip Drum Band Militer.

 Peresmian

big-blue-divider-md

Pada tanggal 11 bula Maret tahun 1988 Drum Band UNS Sebelas Maret Sukarta diresmikan  oleh Rektor pada saat itu Bapak Prof. Dr. Koento Wibisono, PR 3 Bapak Parwoto, Pembina Bapak Parnadi, dan Mawa Bapak Darmono. Dengan diresmikannya Drum Band UNS, Sekretariat dan tempat latihan UKM Drum Band pindah ke Kampus Mesen.

1990

big-blue-divider-md

Pada tahun 1990 Drum Band UNS sudah mulai sedikit demi sedikit merubah format ke Marching Band dan dilatih Prami Handoko yang pada aat itu juga selaku pelatih SMA Warga. Di tahun ini Drum Band UNS pertama Kalinya mengikuti kejuaraan yaitu Hamengkubuwono Cup di IKIP Jogja (UNY). Drum Band UNS berhasil mendapat Juara 3 dengan lawan Arimibi, Atmajaya, serta Undip.

2000-2002

big-blue-divider-md

Ini adalah masa paling penting pada peralihan Drum Band ke format Marching Band. Pengurus pada masa itu, mencoba untuk mengganti format drum band menjadi marching band karena format drum band sudah tidak banyak yang berkembang lagi dan banyak universitas universitas lain yang mempunyai unit Marching Band.

 

 

 2003-Sekarangbig-blue-divider-mdPada tahun 2003 sampai sekarang MB UNS dengan dukungan dari berbagai pihak antara lain dari pihak Rektorat dan para Anggota Purna Bhakti tengah menapaki jalan menuju sebuah unit Marching Band yang solid. Telah banyak prestasi yang berhasil dicapai oleh MB UNS.

.: Do The Best, Be The Best, Let’s GOD Take The Rest :.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *