Bidang Teknis di kepengurusan MB UNS

Dalam kepengurusan Marching Band Sebelas Maret, teknis merupakan bidang yang memegang peranan penting. Segala sesuatu yang berkaitan dengan proses di lapangan tidak lepas dari tugas bidang ini. Apa yang terjadi di lapangan adalah bentuk dari usaha teknis untuk menciptakan latihan yang ideal. Teknis sendiri terbagi menjadi tiga bidang, yaitu kepelatihan, perlengkapan, dan kostum. Tentunya ketiga sub bidang tersebut dikepalai oleh satu ketua bidang atau sering disebut kabid. Setiap sub bidang memiliki peranan yang berbeda, tetapi ketiganya saling bahu membahu untuk mencapai tujuan yang sama.

Kepelatihan bertugas dalam mengadakan bimbingan atau latihan bagi anggota yaitu dengan membuat jadwal latihan setiap bulannya bersama seluruh pelatih MB UNS. Staf kepelatihan juga bertanggungjawab pada pengembangan kemampuan anggota dalam bermusik atau kegiatan lain yang menunjang, salah satu upaya dari kepelatihan adalah dengan mengadakan Personal Ability. Personal Ability itu sendiri adalah kegiatan untuk memperdalam pengetahuan tentang materi music, koreo, dan display, serta untuk meningkatkan skill dalam mengaransemen music, mendesain display dan koreografi.

Perlengkapan bertugas dalam mengadakan, merawat, dan menginventaris peralatan dan perlengkapan. Semua yang berhubungan dengan alat dan perlengkapan sudah menjadi tanggung jawab staf perkap. Dengan ini, staf perkap wajib untuk mengsosialisaikan bagaimana cara menjaga dan merawat alat dan perlengkapan kepada player atau siapapun yang menggunakannya. Sedangkan, staf kostum bertugas dalam mengadakan, merawat, dan menginventaris kostum dan flag. Seperti staf perkap, staf kostum juga harus mengsosialisasikan aturan dalam mengenakan kostum, dan cara menjaganya.

Program Kerja besar bidang teknis periode ini adalah MB UNS Goes to Kejuaraan GPMB 2019 yang mana teknis membawahi kemanejerialan dalam berlangsungnya proses ini. Dalam proker ini, teknis dan manager bekerjasama mulai dari penyediaan aransemen dan display, pelatihan player, sampai pementasan GPMB pada bulan desember nanti. Meskipun teknis merupakan bagian penting dalam proses, bidang lain dalam kepengurusan juga memiliki peranan penting dalam suatu proses dengan tugasnya masing-masing.

Inilah sedikit gambaran bidang teknis di kepengurusan MB UNS. Kebayang gak sih kalau bidang teknis gak ada di kepengurusan? Mungkin MB UNS sudah bubar atau bahkan tidak pernah tercipta:). Nah, yang ada di bidang teknis dalam kepengurusan periode 2019 ini adalah:

Ketua Bidang Teknis       : Aprilia Krismonita Cahyaningsih

Kepelatihan                        : Siti Uswatun Chasanah

Staff Perlengkapan         :

  1. Ade Iman Kurniawan
  2. Feri Eka Kusuma
  3. Muhammad Annas
  4. Saffanatun Na’imah

Staff Kostum                      :

  1. Afiyana Mahira
  2. Nurfitri Okinawa
  3. Puji Nur Ekowati

Bendahara, Uang Bersama Aja Diurusin Apalagi Uang Masa Depan Kita Nanti~~

Apa yang terlintas dipikiranmu saat mendengar kata “Bendahara”? Hampir semua orang langsung membayangkannya soal uang. Ya, sudah tidak diragukan lagi bahwa memang bendahara adalah sebuah jabatan yang berurusan dengan uang. Sejak kecil kita sudah terbiasa dengan kata bendahara, bagaimana tidak, dari awal sekolah dasar pun jabatan itu sudah ada disetiap kelas yang pekerjaannya mengumpulkan uang kas bulanan. Dalam sebuah organisasi tentunya memerlukan bendahara yang berfungsi sebagai pemegang kebijakan keuangan organisasi tersebut. Banyak orang yang enggan menjalani tugas ini, beragam alasan seperti tidak pandai menjaga uang, tidak teliti, bahkan mungkin karena malas menghitung uang milik orang lain. Meski sedikit rumit, menjadi bendahara dapat memberikan pelajaran dalam banyak hal. Hal positif yang bisa kamu dapatkan adalah:

  1. Menjadi teliti dan cermat. Mengurus keuangan adalah sebuah tanggung jawab yang mengharuskan kamu teliti dalam mengelolah uang yang telah diserahkan kepada kamu.
  2. Keuangan sendiri tertata rapi. Karena terbiasa mengelola uang maka secara tidak langsung seorang bendahara akan menjadi mahir dalam mengelola keuangan sendiri.
  3. Bisa membuat perencanaan hidup. Setiap mengelola keuangan pastinya kamu akan diminta membuat sebuah proposal perencanaan tentang akan dikemanakan uang yang kamu simpan itu. Setiap perencanaan tersebut wajib dipikirkan sematang mungkin. Kalau mengurus perencanaan keuangan saja kamu sudah bisa, apalagi mengurus rencana hidupmu.

Di kepengurusan Marching Band Sebelas Maret, bendahara bertugas dalam mengatur anggaran belanja organisasi, mempertanggungjawabkan laporan keuangan, dan menyusun segala sesuatu yang berhubungan dengan kesejahteraan anggota. Adapun beberapa program kerja yang dimiliki bendahara anatara lain; Dana usaha dengan berjualan bucket bunga, merchandise, perlengkapan latihan, dan lain-lain. Lalu ada bakti sosial dan buka bersama yang harapannya dapat meningkatkan kepedulian antar sesama. Dalam setiap minggunya juga ada “A Day for MB” yaitu penggalangan dana ke semua anggota yang berada ditempat latihan yang nantinya uang tersebut digunakan untuk keperluan bersama. Dalam kepengurusan MB UNS ini yang menduduki jabatan sebagai bendahara adalah:

Bendahara 1        : Nada Sintya Anisa

Bendahara 2        : Shinta Kharisma

Sumber : idntimes.com

HUT MB UNS Ke-31: Aloha O’hana

Pada hari Sabtu 23 Maret 2019 MB UNS telah menyelenggarakan perayaan HUT ke 31 di Student Center UNS. Perayaan HUT MB UNS kali ini bernuansa Hawaii yang mengambil tema “Aloha O’hana”. Aloha itu sendiri merupakan sapaan layaknya “halo” dalam bahasa hawaii dan O’hana berarti keluarga. Dari tema tersebut harapannya perayaan HUT ini dapat menjadi wadah untuk keluarga MB UNS saling menyapa kembali, dan sebagai ajang untuk bersilaturahmi.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Purnabakti, Anggota MB UNS, serta tamu undangan dari berbagai UKM di UNS dan Marchingband Solo Raya. Acara dimulai pukul 19.00 yang dibuka oleh MC dan dilanjut sambutan-sambutan dari ketua penyelenggara, ketua MB UNS, dan kepala biro kemahasiswaan. Acara selanjutnya adalah pemotongan kue tart sebagai simbol perayaan HUT. Setelah pemotongan kue, acara pun dilanjut dengan penampilan-penampilan yang meriah, disela-sela acara juga ada pembagian doorprize. Acara pun ditutup dengan foto bersama.

Terimakasih kepada para undangan yang sudah ikut memeriahkan acara HUT MB UNS “Aloha O’hana”, dan pihak-pihak yang sudah bekerja keras dalam penyelenggaraannya!

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

TKO 2019: The Lost Treasure

Minggu, 10 Maret 2019 MB UNS telah melaksanakan kegiatan Training Keorganisasian (TKO) yang diikuti oleh anggota, pengurus, dan player MB UNS. TKO merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memberikan pembekalan mengenai cara berorganisasi khususnya di MB UNS itu sendiri.

Acara TKO yang bertema “The Lost Treasure” ini bertempat di outdoor dalam kampus UNS dimana terdapat pos-pos setiap bidang yaitu Sekretaris, Bendahara, Teknis, Non Teknis, dan Humas. Peserta TKO dibagi menjadi 5 kelompok, setiap kelompok diberi petunjuk berupa kode yang tertulis dan harus memecahkannya untuk menuju tempat tersebut.

Pembekalan keorganisasian di TKO ini disampaikan oleh demisioner pengurus. Setiap pos diberi materi mengenai bidang itu sendiri, seperti program kerja, cara melakukannya, maupun tugas terselubung yang tidak tertulis dari bidang tersebut. Materi disampaikan dengan cara menarik berupa games yang juga dapat meningkatkan kekompakkan masing-masing kelompok, karena penyampaiannya yang ringan, peserta pun antusias dan materi tersampaikan dengan baik.

Setelah melewati semua pos bidang, peserta berkumpul di lembah stadion untuk mengikuti games mengenai bagan struktur organisasi, lalu peserta membuat formasi tulisan MB UNS yang dikomandokan orang pilihan didalam kelompoknya. Acara diakhiri dengan pembacaan nominasi seperti kelompok terheboh, kelompok tersunyi, kelompok tercerdas, dan lainnya. Kemudian ditutup dengan foto bersama.

Semoga ilmu yang diperoleh dari TKO 2019 ini dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari di MB UNS maupun diluar. Terimakasih  atas kehadiran pengurus, anggota dan player dan panitia yang sudah berkontribusi dalam kegiatan ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya !!!

MB UNS di Semarfest 2019

Pada hari jumat, 8 Maret 2019 Marching Band Sebelas Maret Surakarta telah memeriahkan Kirab dalam rangkaian acara Semarfest Dies Natalis UNS ke-43 di UNS Surakarta. Kirab dimulai pukul 09.00 dari boulevard UNS. Selain Marching Band Kirab juga turut dimeriahkan peserta lainnya.

Seusai Kirab, penampilan MB UNS diakhiri dengan menampilkan satu lagu di depan Rektorat setelah penyerahan PATAKA oleh bapak rektor kepada ketua senat.

Dengan mengikuti acara Dies Natalis ini, kami turut bahagia atas bertambahnya umur almamater kami, UNS tercinta. Semoga UNS semakin jaya dan semakin banyak prestasi yang didapat kedepannya.

Terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat terus membanggakan almamater UNS.

Terimakasih kepada player, pengurus, official dan pihak-pihak yang telah berkontribusi pada acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!