Bluedynamic Music Explosion 2018

Untuk merayakan 30 tahun MB UNS, Pada Jum’at 2 November 2018 Marchingband Sebelas Maret telah sukses menggelar konser Bluedynamic Music Explosion (BME) 2018 di Auditorium Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Acara berlangsung meriah dihadiri sekitar 500 orang. Acara dimulai pukul 18:30 dengan penayangan video-video flashback konser-konser BME sebelumnya membuat para alumni MB UNS dapat bernostalgia mengenang masa lalu. Kemudian acara dilanjutkan sambutan-sambuat dari Tiffany Elinda selaku ketua panitia BME, Septiana Nisaa Adisetyawati selaku ketua MB UNS, dan Tundjung Wahadi Sutirto selaku pembina MB UNS.

Setelah sambutan, lalu dilanjutkan penampilan dari beberapa guest star yaitu Vibes selaku bintang tamu acara tersebut dan juga penampilan special performance dari Marching Band Citra Derap Bahana Universitas Negeri Yogyakarya (MB CDB UNY), Marcingband Muhammadiyah  Surakarta (MB UMS) dan Marchingband Institut Agama Islam Negeri Surakarta (MB IAIN) yang membuat acara semakin meriah.

Di penghujung acara, Marchingband Sebelas Maret menampilkan penampilan konser drama musikal yang berjudul Blue: You Only Live Once

 

 

 

 

 

 

Terimakasih kepada para anggota, panitia, dan pihak-pihak yang membantu berjalannya BME 2018 ini.

Semoga kedepannya Marching band Sebelas Maret Surakarta bisa terus semakin berkembang, dan dikenal masyarakat.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest, UNS JAYA !

 

Pentingnya Tutor untuk Player Marching Band

Tutor merupakan kebutuhan yang harus dilakukan player Marchingband. Tutor juga perlu di dilakukan untuk meningkatkan skill agar dapat memainkan instrumen musik atau gerakan visual lebih baik lagi. Dengan tutor, skill kita dapat semakin bertambah, bahkan bisa mendahului player-player yang telah senior.

Biasanya tutor dilakukan di hari yang senggang, yaitu di luar latihan reguler. Dengan tutor, player juga dapat mereview kembali materi yang pernah di dapat sebelumnya, ataupun mengejar materi yang tertinggal.

Selain itu, tutor juga dapat dilakukan untuk mempelajari hal-hal yang belum pernah di dapatkan player di unit marchingband/drumban seperti mempelajari musik baru, gerakan visual baru melalui internet. Jadi selain meningkatkan skill juga menambah pengalaman yang berharga.

Jika kamu punya waktu luang, yuk gunakan waktu sebaik mungkin untuk hal yang bermanfaat, seperti tutor J

Jogja Marching Day

Jogja Marching Day atau biasa disebut JMD merupakan acara dimana unit-unit marching band se-Yogyakarta dan sekitarnya berkumpul untuk latihan bersama , tujuannya adalah untuk mempererat tali persaudaraan antar unit marching band.  JMD dilaksanakan dua hari. Selain latihan bersama, juga ada Coaching Clinic per section dan di akhir acara di tutup dengan penampilan lagu dari peserta Jogja Marching Day.

Jogja Marching Day pertama kali diadakan pada tahun 2006, peserta tetap JMD kala itu berjumlah 6 unit marchingband, yaitu Drum Coprs UMY, Marching Band UGM, Marching Band UII, Marching Band Atmajaya, Marching Band Citra Derap Bahana UNY, Marching Band UPN Yogyakarta. Sekarang menjadi 7 unit, tambahan dari unit Drum Coprs Saraswati ISI Yogyakarta.

Tiap tahun, Jogja Marching Day memiliki tema yang berbeda, sehingga membuat event JMD tiap tahun memiliki ciri khas tersendiri. Dan dari tahun ke tahun banyak unit Marching Band luar Yogyakarta yang bergabung dalam event ini, seprti MB UMS, MB UNS dan lainnya. Di tahun 2018 ini, lebih dari 400 orang dari berbagai unit Marching Band di Yogyakarta maupun di luar Yogyakarta berpartisipasi memeriahkan acara ini.

 

MB UNS di Jogja Marching Day 2018

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)  menjadi tuan rumah penyelenggaraan Jogja Marching Day (JMD) tahun 2018. Lebih dari 400 peserta JMD tahun ini berlatih bersama dan memainkan lagu bersama dengan semarak dan meriah. Peserta merupakan gabungan dari seluruh unit marching band se-Jogjakarta yang terdiri dari Drumcorps UMY, Marching Band UGM, Marching Band UPN, Marching Band CDB UNY, Marching Band UII, Marching Band Atmajaya, dan Marching Band Saraswati ISI. Peserta juga berasal dari luar kota seperti dari Marching Band UNS. Dari MB UNS, sejumlah 33 anggota turut hadir di acara ini.

 

 

 

JMD tahun ini bertemakan “Romansa Jogja, Cerita tentang keistimewaan Jogja” Dimulai dengan opening ceremony pada hari Sabtu 15 September 2018 kemudian dilanjutkan dengan Coaching Clinic masing-masing section. Selama dua hari para peserta berlatih bersama dan ditutup dengan penampilan lagu “di sayidan” pada Minggu 16 September 2018 sore di halaman rektorat UNY.

 

 

 

Semoga dengan acara tersebut dapat menambah imu dan pengalaman para anggota MB UNS dan dapat menambah dan meningkatkan hubungan kekeluargaan dengan unit Marchingband lainnya.

Pertemuan Perdana MB UNS 2018

Pada Kamis 6 September 2018 lalu MB UNS telah sukses menyelenggarakan pertemuan perdana 2018 di Student Center UNS 😊

Open gate Pertemuan perdana MB UNS ini dimulai pada pukul 15.00 WIB dan acara dimulai pada pukul 16.00 WIB, yang susunan inti acaranya meliputi pengenalan pengurus, pengenalan alat, penampilan fullband dan percobaan alat. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 350 orang dari total 500 lebih pendaftar yang berasal dari berbagai macam fakultas di UNS juga beberapa pendaftar dari luar UNS.

 

 

 

 

 

Pertemuan perdana MB UNS yang koordinir oleh panitia Open Recruitment MB UNS 2018 ini juga dibantu oleh seluruh anggota MB UNS dalam pelaksanaannya

Terimakasih kepada teman-teman calon MB UNS yang telah hadir pada acara ini dan pihak-pihak yang telah membantu berjalannya acara ini