STREET PARADE

Street parade sering ditampilkan dalam festival ataupun acara-acara besar. Maka dari itu, masyarakat sangat excited jika ada marching band yang memeriahkan sebuah parade. Dalam street parade, band biasanya berbaris berdasarkan section. Setiap anggota harus tetap menjaga bentuk barisan agar tetap berada di dalam track. Maka dari itu, orang paling depan bertanggung jawab untuk menentukan jalur, sehingga barisan di belakang dapat mengikuti mereka. Anggota band juga harus menjaga langkahnya tetap konstan sambil berbaris dalam parade. Langkah standar biasanya bervariasi antara 22 dan 30 inci (56-76 cm) per langkahnya.

Biasanya para pemain perkusi akan memainkan drum break untuk menjaga tempo langkah band tersebut. Irama tempo bervariasi dari setiap band, namun biasanya antara 112 hingga 140 beat per menit. Musik dan koreografi yang dimainkan sembari berjalan biasanya diharapkan menghibur dan meramaikan acara. Oleh karena itu, para pemain marching band tidak boleh meremehkan street parade dan tetap harus berlatih sungguh-sungguh sebelumnya.

MB UNS at Opening The 1ST Sebelas Maret International Festival 2017

Dalam rangka memeriahkan salah satu agenda Dies Natalis Universitas Sebelas Maret ke-41, Marching Band Sebelas Maret Surakarta diberikan kepercayaan untuk memeriahkan pembukaan The 1st Sebelas Maret Internasional Festival 2017 3-5 Maret 2017.

Acara diawali dengan jalan sehat civitas akademi UNS mengitari Kampus 1 UNS Kentingan, kemudian Marching Band Sebelas Maret Surakarta mengawali Bapak Ravik Karsidi mengitari Kampus dengan rute Gerbang Utara UNS – Kampus ISI Surakarta – Persimpangan SMK Warga  – SPBU Sekarpace – Taman Budaya Jawa Tengah – Gerbang Utama UNS dan berakhir di Lapangan Rektorat UNS. Selang beberapa waktu, para pemain Marching Band Sebelas Maret Surakarta menempatkan diri di Lapangan Rektorat UNS untuk memulai pagelaran. Dalam pagelaran ini, Marching Band Sebelas Maret Surakarta menampilkan dua buah lagu yaitu Congratulations dan Gending Sriwijaya.

The 1st Sebelas Maret International Festival berlangsung selama tiga hari, yaitu dari 3 – 5 Maret 2017. Acara ini menampilkan banyak sekali hasil kreatifitas mahasiswa UNS dari seni, bela diri, hingga teknologi.

Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat lebih membanggakan almamater UNS tercinta. Terima kasih pula untuk semua anggota dan player yang sudah berkonstibusi dalam acara ini.

Do the Best, Be the Best, God Takes the Rest. UNS Jaya!!!

MARCHING BAND SEBELAS MARET DALAM FAM UNS

15000111_10207655160803541_1871983441587364768_oGOR UNS, 04 November 2016, Marching Band Sebelas Maret Surakarta menjadi bagian dari pembukaan Festifal Apresiasi Mahasiswa ( FAM ) UNS. Festival Apresiasi Mahasiswa (FAM) sebagai salah satu program kerja dari BEM UNS 2016 berusaha untuk memberikan sumbangsih dan turut andil dalam peran apresiasi terhadap bakat-bakat unggul yang dimiliki oleh mahasiswa UNS dan nilai estetik dalam segala nilai yang dimilikinya.

Selain sebagai pengisi acara dalam acara tersebut, ini merupakan apresiasi yang diberikan oleh BEM UNS kepada Marching Band Sebelas Maret atas prestasi yang telah dicapai dalam Jember Open Marching Competition ( JOMC) pada bulan September lalu.

15000037_10207655158363480_5452981002891658756_o 15000835_10207655157723464_8118934873272943409_oMahakarya Untuk Indonesia merupakan tema dari FAM UNS 2016, Rudi Cobain, BKKT UNS, dan Makot FAM UNS ikut memeriahkan acara tersebut.

Sirih Kuning, Can’t Help, dan Congratulation adalah lagu yang dibawakan dalam acara FAM, namun dikemas dengan nuansa yang berbeda yaitu dengan bebrapa visual sederhana.

Terimakasih atas apresiasi yang diberikan kepada kami, semoga kami dapat lebih membanggakan untuk UNS, terikasih juga untuk semua anggota dan player yang sudah berkonstibusi dalam acara ini.

http://bem.uns.ac.id/famuns2016/

 

MB UNS at CIVILWEEK 2016

14633130_10207550507947285_4171537430256004880_oGladag Langen Bogan ( Galabo ), Sabtu 22 Oktober 2016 Marching Band Sebelas Maret Surakarta menjadi salah satu pengisi acara pada Opening Civil Week 2016 Universitas Sebelas Maret Surakarta. Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil UNS telah dilaksanakan secara rutin dari tahun ke tahun.

Tidak hanya MB UNS, namun beberapa UKM yang ada di UNS pun ikut serta memeriahkan acara yang bertemakan “ SERIBU SATU WAJAH INDONESIA “ tersebut, seperti Vox Magistra, Saman Obah Ayu, Satinka Tradisional Dance, Pagupon, dan Black Voodo Dance Crew

MB UNS menjadi closing performer dengan membawakan tiga buah lagu, yaitu sirih kuning, can’t help dan sebagai penghujung adalah congratulation yang disertai dengan pesta kembang api sebagai simbol ucapan selamat telah dibukanya civil week 2016.

“CIVILWEEK 2016 CREATE YOUR VISION BUILD YOUR NATION“

Sukses untuk acara civil week 2016 dan terimakasih kami ucapkan untuk seluruh anggota yang sudah berperan mensukseskan event kali ini.

DO THE BEST !

BE THE BEST !

GOD TAKES THE REST !!!

MB UNS DI INTERNATIONAL JOMC V 2016

Gambar 1. Penampilan saat Marching Show Band
Gambar 1. Penampilan saat Marching Show Band

Marching Band Sebelas Maret (MB UNS) kembali mengukir sejarah dan mengharumkan almamater tercinta UNS di tingkat internasional tahun 2016 ini. International Jember Open Marching Competition (JOMC) V kejuaraan yang diikuti MB UNS tahun ini dilaksanakan pada 23-25 September 2016 di Jember Sport Garden. JOMC V 2016 diikuti oleh beberapa peserta dari berbagai negara diantaranya Indonesia, Myanmar, Afrika Selatan, Jepang, Thailand, USA, Filipina, dan RCC.

MB UNS meraih tiga prestasi sekaligus dari tiga kategori kejuaraan yang diikuti. Pada kategori Marching Show Band, MB UNS mengusung tema paket kejuaraan “SOLO – The City of Culture” dengan total peserta 80 orang player dan 50 orang kru. Tema yang diangkat Marching Band Sebelas Maret untuk memperkenalkan budaya Kota Solo yang notabene rumah dari MB UNS. Tambahan yang diberikan didalam paket pagelaran seperti gamelan, dua wayang raksasa dengan tokoh Werkudara dan Duryudana, dan lagu “Kota Solo”, serta visualisasi ”Kirab” merupakan paket yang lengkap untuk menginterpretasikan Kota Solo.

Gambar 2. Penampilan saat Individual Color Guard Contest oleh M. Gilang R.
Gambar 2. Penampilan saat Individual Color Guard Contest oleh M. Gilang R.
Gambar 3. Penampilan saat Street Parade
Gambar 3. Penampilan saat Street Parade

Alhamdulillah, MB UNS lolos peringkat kedua World Class di pre-eliminasi dan maju ke final. Di kategori Marching Show Band, MB UNS meraih 1st Runner Up World Class dengan total score 81,925. Pada kategori Individual Color Guard Contest, MB UNS yang diwakilkan M. Gilang Ramadhan meraih 2nd Runner Up Male Category dengan total score 251,50. MB UNS juga ikut pada kategori Street Parade yang bertempat di jalan sekitar Alun-alun Kota Jember, pada kategori ini MB UNS meraih 4th Street Parade Full Band dengan total score 72,625.

Proses menuju kejuaraan internasional ini dimulai dari bulan Januari. Banyak tahap yang sudah dilalui pada proses ini, dari latihan reguler, latihan panjang, training camp, band camp, grand band camp, karantina, hingga konser pamit mengingatkan pada pepatah “Proses tidak akan mengkhianati hasil”, dan hal itu terbukti dengan kerja keras dan doa yang sungguh-sungguh dari semua pihak yang terlibat pada proses hingga kemenangan ini bisa dipersembahkan untuk almamater tercinta Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Gambar 4. Dari MB UNS untuk Indonesia dan UNS
Gambar 4. Dari MB UNS untuk Indonesia dan UNS

Terimakasih sebesar-besarnya kepada semua pihak Rektorat dan Pembina MB UNS, Drs. Tundjung Wahadi Sutirto M.Si yang selalu membimbing dan membantu dari setiap proses hingga kejuaraan, kepada semua purnabakti yang senantiasa mendukung dan memberikan semangat hingga proses ini tidak terasa berat, kepada semua player, pelatih, arranger, designer, tim manajerial, dan pengurus yang sudah bekerja keras, berdoa, dan bersemangat sepenuh hati demi mengharumkan almamater Universitas Sebelas Maret di tingkat Internasional.
DO THE BEST, BE THE BEST, GOD TAKES THE REST!